Minggu, 05 Agustus 2012

#Ramadhan Part 2 "Setoples Kue Lebaran"



Beberapa hari yang lalu, sembari mengisi liburan. Saya mencoba membuat kue kering lebaran
Namanya kue kering "Corn Flakes". Begitulah bulek saya menyebutnya (ahahay.. ketauan kalau bukan buat sendiri ;p). Yups, kali ini saya mencoba menggali "bakat terpendam" yang aslinya emang terpendam dan gak keluar-keluar, yaitu membuat kue. Hehehehe....

Sekitar jam delapan pagi, saya udah siap-siap dari mandi pagi, sikat gigi, sarapan dsb (ups.... saya lagi gak puasa waktu itu). Rencananya mau bantuin bulek saya bikin kue kering buat dijual pas mau lebaran ntar. Lumayan, nambah ilmu sekalian icip-icip ntar. Biasa... Akal bulus orang yang lagi gak puasa Wkwkwkwk.... :D

Namanya bulek Romlah, adik dari ayah saya. Biasanya saya memanggilnya lek Rom, biar lebih akrab. Gak tau kenapa kalau biasanya orang-orang pada manggil tante buat saudara perempuan dari orangtua kita, tapi dari kecil saya terbiasa manggil bulek. Gpp deh, berasa kayak di Cinta Fitri kalau manggil kan bulek gitu. Hahaha...

Ketimbang membuat kue, saya lebih suka membuat masakan. Alasannya sih... pasti jadinya. Kalau rasanya kurang, ya tinggal nambahin gula garam. Yah.. minimal saya udah bisa buat masakan-masakan sederhana kayak sayur bayem, sayur sop, sayur asem dll.  Intinya sih lebih simple, gak usah repot-repot blender, oven, dan lain sebagainya. Mengingat track record saya bisa dikatakan cukup gagal kalau membuat kue. Dari kue roti kukus yang bantet dan gak mateng di bagian dalemnya, sampek roti yang gak ngembang waktu di oven. 

Saya juga teringat waktu smp dulu, ada mata pelajaran tata boga dan tata busana. Dan ini khusus buat siswi perempuan aja, kalau cowoknya ya belajar teknik elektro. Waktu itu, kami juga diajari cara membuat kue kering. Kalau dilihat sih emang gampang, tinggal campur mencampur terus dibentuk dan dimasukin ke oven mirip-miriplah sama praktikum sediaan solida. Tapi pas saya coba sendiri dirumah,,,,,, yang terjadi adalah kue keringnya malah jadinya keras banget. Sampe` dibanting ke lantai pun gak pecah, paling cuma retak dikit. Saya sampek heran sendiri, ni buat kue apa buat batu sih. Tapi anehnya walaupun gatot alias gagal total, pas waktu buka puasa adik saya malah habisin kue-kue itu

Naah... Kali ini saya mencoba membuat corn flakes. Kue kering, yang dalemnya ada smacam jagung, yang membuat teksturnya makin crispy kalau dimakan (udah kayak master chef aja ngomongnya kayak gitu...). Karena saya baik hati dan tidak sombong serta rajin membantu dan suka menolong, saya bagi deh resepnya. Enaknya lagi kalau bikin ni kue gak usah pake` telor. Tapi dijamin deh, rasanya gak kalah sama kue-kue kering yang lain

Bahan-Bahan:
1. Roombutter 100 gr
2. Gula Halus 125 gr
3. Tepung Terigu 250 gr
4. Margarin (Blue Band) 150 gr
5. Vanili secukupnya
6. Corn Flake 50 gr

How To Make???
1. Timbang bahan-bahan
2. Masukkan Roombutter, Gula halus, Margarin lalu diblender. Jangan lama-lama kalau blender, pokonya 
    nyampur merata udah cukup.
3. Masukkan campuran tepung terigu + vanili ke nomer 2 sedikit demi sedikit. Pake` blender aja biar
    gampang, kalau pake` tangan dijamin kapalan. Habis itu, baru ditambahkan corn flake yang telah
    dihancurkan (diremas aja, biar jadi kecil2). Uleni adonan pake` tangan. Gak boleh ditekan terlalu kuat
    ntar jadinya malah keras, asal merata aja yang penting nyampur.

(Adonan kue...)

4. Gulung merata adonan, hingga terbentuk adonan yang siap cetak. Kalau disini bentuknya pake` cetakan
    bulet habis itu di tekan tengahnya pake` garpu. Simple plus gampang, bentuknya kayak kue goodtime

(siap cetak!!)

(ayo masukin ke oven!!)

5. Kalau udah terbentuk kayak gambar diatas siap dimasukin ke oven. Oh iya... biar gak lengket loyangnya 
    di alasi dulu ya sama margarin habis itu ditaburi tepung terigu dikit sampe` merata. Pas di oven, sering2
    bolak balik posisi loyang. Yang dibawah, ganti sama yang diatas biar gak gosong.

(harumnya..... pengen cepet jadi, biar bisa icip-icip)

6. Tunggu matang, tandanya bagian bawah kue berubah warna jadi sedikit kecoklatan dan kue sudah tidak 
    lembek lagi.

7. Langkah terakhir, kalau kuenya udah dingin jangan lupa dimasukin toples biar gak ayem. Packing!!

 (pasang selotip disekeliling toples, biar gak ada udara yang masuk jadi lebih awet sampek hari raya ntar)

(Jadi deh.... ^_^)





2 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak .. keep writes

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus