Langsung ke konten utama

Adiaroz, Aydan, dan Kakek Bodo



Bingung mo kasih judul postingan apa, jadinya ini deh. hehe..
Tiga hari yang lalu waktu saya ada di malang, ada sms masuk ke nokia saya. Ternyata dari dulur saya satu ini, Nadya...
Kapan pulang dulur bsk main krmh yuks t ajak renang ke TK selesai ank2nya pulang. Tempatnya bagus lho ;-)

Tak lama kemudian jari-jari saya sibuk menyentuh layar buat balas sms singkat ini

Ya insyaallah ntar sore...
Ayo dulen.. Tp aq gk ad motor :(

Tak jemputkah dulur, pandaan aman kan gada operasi?

Wuih.... baik banget dulur saya yang satu ini. Singkat cerita saya setuju. Akhirnya sore itu saya pulang dari Malang ke Pandaan, walaupun ditengah jalan ditemani oleh cuaca yang tidak bersahabat, hujan...
Esok harinya jam setengah 8 pagi saya sudah bersiap-siap berangkat, maklum ke perempatan Kasri Pandaan nebeng sama ayah berangkat kerja lagian kalau siang-siang takutnya ntar hujan. Sambil mengecek isi tas, saya cuma membawa dompet, hp, dan nggak lupa kamera buat ntar narsis bareng. hehe...
Sebenernya gak ada planning buat pergi ke kakek bodo, awalnya tujuan kami cuma renang. Tapi berhubung Kakek Bodo itu deket dan melewati rumah Nadya alhasil saya kepengen kesana. Refreshing sekalian pingin tau gimana soalnya walaupun deket dari Pandaan, ini yang pertama kali saya kesana. Ya Allah.. katrok banget ternyata saya ini

Bagi yang belum tau, Kakek Bodo adalah kawasan wisata air terjun milik perum perhutani di daerah lereng gunung welirang pegunungan Prigen, Tretes, Jawa timur. Gak tau kenapa namanya Kakek Bodo. Menurut cerita (dari mbah google :p) Di beri nama Kakek Bodo karena mengisahkan seorang kakek yang di sebut dengan kakek yang bodoh (bodo).  Menurut cerita penduduk setempat "Kakek Bodo" dahulunya adalah seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda. Dia seorang yang saleh dan jujur. Dia meninggalkan keluarga Belanda tersebut untuk mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian dengan bertapa. Karena sikapnya ini keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo).

Berkat bertapanya sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian yang digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Kakek Bodo meninggal di tempat bertapa. Makamnya sampai sekarang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan banyak dikunjungi para pejiarah dari berbagai kota besar.  

Hmm... Cerita yang aneh. Dulu sewaktu saya masih kecil saya kira kakeknya bodoh beneran. Tapi kalau emang gitu mana mungkin si kakek nemuin air terjun. Tapi kalau diganti namanya jadi kakek pintar ntar dikira malah promosi obat to**k ang*n lagi. haha.... gak tau lah, itu sih suka-suka kepercayaan penduduk sekitar menurut saya. 

Jalan ke kawasan Tretes, Prigen mirip-mirip sama kota Batu di Malang. Udaranya bersih, dingin, di tepi jalan banyak sekali pepohonan banyak juga yang menjual tanaman hias. Oh iya... sebelum sampai di Tretes kalau mau berwisata sejarah juga ada. Ada candi peninggalan kerajaan Singosari namanya Candi Jawi. Candi ini terletak di pertengan jalan raya Pandaan - Prigen. Konon, candi jawi merupakan tempat penyimpanan sebagian abu dari raja terakhir kerajaan Singosari, Kertanegara. Dimana yang sebagian lagi disimpan di candi Singosari.



(Candi Jawi)

Memasuki kawasan wisata Kakek Bodo, hanya terlihat beberapa orang. Mungkin karena bukan weekend makanya gak rame. Hanya ada segelintir orang, kami berdua, segerombolan tukang ojek, dan penjaga karcis. Kasian sekali....

Setelah membeli karcis di loket, saya dan Nadya masuk kawasan wisata. Ternyata di dalam pun masih sama, sepi sekali. Hanya ada kami berdua dan sesekali orang lewat. Jadi serasa milik pribadi aja, haha...
Lalu dulur saya yang satu ini bilang kalau kita ke kolam renangnya aja dulu, soalnya air terjunnya sndiri masih diatas. Hadeh.... saya kira tinggal masuk, triiing.... langsung ada air terjun. Tapi ternyata kita harus menjadi ninja hatori dulu, mendaki gunung... lewati lembah...


(Where`re we going now??)

(kayaknya kami datang terlalu pagi, kolam renangnya masih dikuras -_-")


(Hayoo... apa ya itu??)


Agak kecewa sih, soalnya kolam renangnya tutup, udah gitu suasanya sepi banget kayak kuburan. Dan kami baru sadar kalau hari itu adalah hari Jum`at legi. Kata Nadya, kalau jum`at legi jarang ada yang kesini soalnya itu waktu untuk berdoa di makam Kakek Bodo. Pantesan.... -__-"
Aigoo... ya sudahlah diteruskan saja perjalanannya, naek-nak ke puncak gunung. Ternyata jauh juga ya ke air terjunnya. Saya teringat dulu waktu ke air terjun Coban Rondo di Batu Malang, ya mirip-mirip gitulah. Saya kasih share aja ya foto-fotonya... ^_^


(mendung.. jadi tambah mistis aja)


(mari kita sholat dulu teman-teman)


(Naik..naik... ke puncak gunung)

(jangan bunuh diri ya mbak..)


(bisa baca sendiri kan,,)


(Yasiin... Al-Fatihah...)


Akhirnya sampailah kami di air terjun. hati-hati bila melewati sungai kecil sepanjang air terjun. Karena terdapat banyak lintah yang siap menghisap darah anda. Haha... kalau Edward Cullen sih aku juga mau :p
Walau banyak batu-batu sungai tapi airnya yang segar dan dingin dijamin dapat sejenak menghilangkan stress anda. Jadi sempatkan waktu untuk sekedar berendam kaki disana. Oh iya... ada fenomena aneh waktu kami kesana. Air terjun yang seharusnya ada satu jadi beranak, ada air terjun baru yang terbentuk. Mungkin karena musim hujan akhir-akhir ini. What`s a lucky today... haha


(maen air dulu ah...)


(air terjun baru...)


(air terjun utama...)


(tumpaseaee.... yumuskuraee... kuch kuch hotahai :D)


Walaupun masih btah disana, tapi kami cepat-cepat pulang. Bukan karena apa, selain karena ketakutan mengingat hari itu jum`at legi (ketauan penakut...) langit terlihat tambah mendung. Ketimbang ntar pulang berbasah-basah ria, lagian kami belum juga ke planning awal yaitu renang... Pokok nya terimakasih buat dulur saya Nadya yang sudah bersedia menjadi tour guide saya selama di sini. Ditambah lagi sudah ngrepotin, karena udah nginep semaleman di rumahnya gara-gara hujan yang gak reda-reda. Pokoknya sekali lagi terimah kasih ya dulur. It`s a nice day,,, :)




(Masa Kecil Kurang Bahagia... hahaha)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Go Pandaan!!

Yups.. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan ke kota asal saya PANDAAN Tepatnya hari sabtu kemarin, setelah mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester) terakhir di kampus. Saya langsung bergegas untuk pulkam. Mengingat sudah sekitar satu bulan, saya belum sempet pulang ke kota Pandaan tercinta. Jadi rasanya semangat banget buat pulkam kali ini. Walaupun besoknya saya harus tetap kembali ke Malang untuk kembali berktivitas kuliah seperti biasanya buat hari seninnya.  Terkadang cuma sehari pulang, namun tidak menyurutkan semangat saya. Dari semester 2 kemarin, saya sudah mulai terbiasa. Kalau jadwal perkuliahan mahasiswa pada umumnya mulai dari hari senin sampai dengan hari jum`at. Lain halnya dengan saya, kuliah mulai dari senin hingga hari sabtu belum lagi hari minggu harus mengikuti kuliah ahad pagi. Rasa-rasanya hampir jarang saya menyempatkan untuk dapat pulkam. Padahal jarak Malang-Pandaan bisa dibilang tidak terlalu jauh. Kalau naik bis, hanya memerluk

Balada si "DoMud"

Huahhh..... Akhirnya liburan juga sodara-sodara sekalian Setelah mendaki gunung dan melewati lembah semester 4 (ninjahatori.com), akhirnya kelar juga penderitaan saya di semester ini. Nggak tanggung2 juga, liburnya 3 bulan coyy,,,,, Baru semester 4 ini, rasanya bisa libur dengan "tenang", walaupun ada agenda SP matkul farfis 2 :( Tapi tetep,, liburan ini waktunya buat hibernasi dirumah. Hehehe Habis UAS kemaren rencananya saya mau langsung pulkam kerumah. Tapi kelihatannya rencana gatot alias gagal total. Dari urusan kampus yang ngurusin SP sampe` orang2 rumah yang pengen liburan ke malang. Hadehh... heran, kalau saya di Malang orang2 di rumah malah di Pandaan. Tapi kalau gilirannya mau pulkam tu orang2 rumah pada mau ke Malang -_-" Awal liburan justru diisi dengan berlibur ke "rumah sakit". Hmm,,, emang malang sekali nasib saya. Sebenernya dari waktu UAS dulu udah sakit, tapi baru liburan ini sempet berobat. Emang gak enak banget ya. Udah libur

Bukit Teletubbies di Bromo

Masih inget acara anak-anak yang satu ini?? Dulu kira-kira waktu jaman saya masih SD, setiap jam 10 saya selalu udah stand by di depan tv. Tangan pegang remote, pindah ke channel ikan terbang nunggu 4 makhluk absurd ini muncul. Begitu lagu opening masuk lalu si tingkiwingki, dipsi, lala nggak ketinggalan poo muncul lewat lubang atap rumah. Kemudian gak lupa mereka joget-joget keliling padang rumput dengan tampang yang nggak berdosa. Kalau dipikir sekarang, kok bisa ya saya suka sama mereka. 4 makhluk aneh dengan layar televisi di perutnya gak lupa antena beraneka macam bentuk udah gitu gak pake baju lagi. Dibilang manusia nggak... dibilang hewan nggak juga... dibilang tumbuhan apalagi. Benar-benar absurd sekali........ hahaha Tapi yang paling saya sukai dari acara ini adalah setting tempatnya. Terhampar padang rumput yang luas, banyak bukitnya dan bunga-bunga yang tumbuh. Wuihh.... ngiri banget lihat para teletubbies bisa tinggal di tempat kayak gitu. Apalagi lihat kandang