Selasa, 21 Februari 2012

Say My Name




Beberapa waktu lalu ketika liburan di rumah saya membaca buku yang berjudul "Nikmatilah Hidup Anda". 
Awalnya saya membaca hanya untuk mengusir rasa kebosanan saya. But I think... ternyata isinya lumayan bagus.Buku tersebut berisi cerita inspirasi dan cara2 untuk menikmati hidup tanpa beban, penuh sukacita, siapapun anda






Salah satu bagian dari buku tersebut yang menurut saya menarik adalah pada bagian yang berjudul "Hafalkan Nama". Atau kalau saya menyebutnya pada judul postingan ini "Say My Name" (biar lebih keren
gitu...). Karena itu pada cover postingan ini saya memasang gambar tersebut, because.... there are many important people in our life. Apakah orang tersebut muda, tua, kaya, miskin, cantik ataupun jelek. Diantara orang2 tersebut pasti ada beberapa diantara mereka yg secara langsung atau tidak langsung telah berjasa pada kita. Dan salah satu cara yang paling mudah untuk menghargai hal tersebut ialah memanggil atau menyapa dengan sebutan namanya.

Terkadang kita memanggil seseorang dengan sebutan "hey" atau "woi". Padahal setiap orang memiliki nama yang berbeda2. Sedih atau kecewa bukan jika kita dipanggil seperti itu. Padahal setiap orang tua memberikan nama yang terbaik bagi anak2nya dengan berbagai macam harapan. Akan lebih terasa dihargai jika kita dipanggil atau disapa dengan nama kita. Jika ingin dihargai orang lain terlebih dulu kita harus menghargai orang lain.

Setelah membacanya saya jadi teringat kebiasaan saya. Yaitu.... mudah lupa nama orang lain. 
Seringkali saya harus berpikir lama untuk mengingat nama seseorang. Padahal orang tersebut telah memanggil saya berulang2. Walaupun hal tersebut tidak disengaja, tapi saya membayangkan perasaan orang tersebut. Sudah capek2 kita menyapa malah orang tersebut responnya tidak baik. Pernah saya menjawab "maaf ya... mbak ini siapa ya, saya lupa" atau yang lebih parah lagi "Waduh... saya nggak kenal tuh". Actually... if i remember it, i feel very horible :( . I`m so sorry...............






#Kenapa kita susah menghafal nama orang lain??
  1. Kurang perhatian ketika berkenalan
  2. Kurang konsentrasi saat mendengarkan namanya
  3. Sikap meremehkan. Yakin bahwa tidak akan berjumpa lagi dengannya. Lalu berkata dalam hati
      "Gak penting deh inget2 namanya"
  4. Sungkan untuk meminta kembali mengulang namanya ketika tidak mendengar namanya dengan baik.






#Kenapa mengingat nama itu penting??
  1. Bagian dari bentuk kepedulian dan menghargai orang. Just I say .... Jika ingin dihargai orang lain 
      terlebih dulu kita harus menghargai orang lain.
  2. Membuat orang lain merasa spesial. Ketika kita memanggil seseorang dengan namanya berulang2 
      hal tersebut membuatnya merasa spesial dan dianggap. 
  3. Rasakan ketika anda sendiri yang mengalaminya. Bagaimana ketika orang lain lupa nama anda.
      padahal anda sudah capek2 perhatian kepadanya atau mungkin memanggil anda hanya dengan 
      panggilan "hei". Menyedihkan bukan??
      Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi hafalkan nama2 orang disekitar anda dan panggillah dengan
      nama panggilan mereka.








Sebenarnya, ketika saya menulis postingan ini saya juga mengingatkan diri saya sendiri. Terkadang saya juga banyak melakukan kesalahan. Walupun hal ini sepele, tetapi akan menghasilkan efek yg besar. Kita tidak pernah tau rasa atau uneg2 seseorang kepada kita. Apakah orang tersebut diluarnya terlihat baik2 saja tetapi dalam hati sebenarnya ia merasa jengkel kepada kita. Dengan melakukan hal2 kecil yg remeh ternyata bisa berdampak luar biasa. Karena sesungguhnya sifat dasar manusia adalah ingin dihargai orang lain.




Tunjukkan perhatian anda kepada saya dengan cara
menghafal nama saya dan memanggil saya dengan nama saya
Maka saya akan mencintai anda ...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar